Kamis, Mei 19, 2022
Google search engine
BerandaWisataAlamSingapadu Kaler digarap jadi Desa Wisata Baru

Singapadu Kaler digarap jadi Desa Wisata Baru

Pemerataan pariwisata sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi salah satu program Pemkab. Gianyar, salah satunya menata dan memoles wilayah pedesaan yang memiliki potensi dikembangkan sebagai Desa Wisata. Salah satu desa yang kini dikemas dan dicanangkan sebagai desa wisata adalah Desa Singapadu Kaler, Sukawati, Gianyar, yang pencanangannya akan dilakukan, (27/9).

Sebelumnya pada (24/9), Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata bersama Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan instansi terkait berkunjung ke Singapadu Kaler tepatnya di Banjar Samu terkait persiapan Desa Singapadu Kaler sebagai Desa Wisata. Dalam kesempatan itu, warga Br. Samu, petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Gianyar dibantu Mahasiswa Fakultas Sastra Unud gotong royong kebersihan seputar Br. Samu.

Bupati Agung Bharata saat bertatap muka dengan masyarakat, di wantilan Pura Puseh Desa Br. Samu usai gotong royong menekankan penting menggali dan mengembangkan potensi atau keunggulan yang dimiliki Desa Singapadu menjadi daya tarik wisata.

“Singapadu Kaler terkenal dengan keseniannya, selain alam pertaniannya. Potensi ini harus digarap sehingga berkembang sebagai desa wisata,” ungkap Bupati Agung Bharata.

Menurut Agung Bharata, pentingnya pengembangan desa wisata karena nantinya sebagai pelestari seni dan budaya disamping sebagai pariwisata kerakyatan, dimana masyarakat langsung sebagai pelaku sekaligus mendapatkan pendapatan dari pariwisata. Pengembangan desa wisata tentu factor kebersihan menjadi pendukung utama sehingga desa benar-benar asri dan nyaman untuk dikunjungi serta sesuai dengan Sapta Pesona.

Sementara Perbekel Desa Singapadu Kaler, I Made Karjana dalam kesempatan itu mengatakan, Singapadu Kaler yang terdiri dari lima banjar dinas yakni Samu, Silakarang, Kederi, Belang dan Belang Kaler, sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, sehingga agro wisata menjadi salah satu keunggulan Desa Singapadu Kaler. Selain itu, beragam kesenian diantaranya, Joged, Arja dan tarian lainnya menjadi ladang Singapadu Kaler untuk menggaet wisatawam berkunjung.

“Pencanangan sebagai Desa Wisata kami lakukan bertahap mulai dari Br. Samu,” ujar Made Karjana.

Ditambahkan, dia optimis Desa Singapadu akan berkembang sebagai Desa Wisata, disamping berada pada jalur pariwisata, juga mendapat dukungan dari Pemkab. Gianyar yang antusias mendukung desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai desa wisata sebagai upaya pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Sumber : gianyarkab.go.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments