Kamis, Mei 19, 2022
Google search engine
BerandaWisataAlamRitual Unik Ngerebeg di Gianyar Bali

Ritual Unik Ngerebeg di Gianyar Bali

Sejumlah warga berkeliling kampung saat ritual Ngerebeg di Desa Tegallalang, Gianyar, Bali. Tradisi berkeliling kampung dengan riasan tubuh menyerupai mahluk menyeramkan tersebut dilakukan oleh warga setempat untuk menciptakan keharmonisan sekaligus sebagai penolak bala.
Ngerebeg adalah tradisi atau ritual tolak bala yang hanya dilakukan di Desa Tegallalang. Ngerebeg merupakan simbol hadirnya Bhutakala dalam diri manusia, hal ini lah yang harus dinetralisir atau ditolak oleh setiap manusia. Gunanya adalah untuk menghilangkan sifat buruk, ya.
Pada ritual ini, warga baik anak-anak maupun dewasa akan menghias diri dengan berbagai warna dan riasan yang menyeramkan. Riasan menyeramkan ini sebagai simbol sifat buruk yang ada dalam diri dan harus dihilangkan, Sahabat.
Menurut kepercayaan, dalam diri manusia ada enam jenis musuh yang harus dinetralisir. Oleh karena itu, topeng atau riasan yang dikenakan oleh peserta pun harus mewakili sifat-sifat buruk ini. Tujuan utamanya adalah untuk mengendalikan nafsu dalam diri manusia, agar tidak menghancurkan diri manusia itu sendiri dan tidak menyusahkan orang lain.
Ngerebeg diawali dengan menghias diri masing-masing lalu setelah itu para peserta akan berkumpul di Pura Duur Bingin. Di Pura ini, peserta akan mempersiapkan pelaksanaan ritual Ngerebeg. Setelah itu akan dilakukan persembahyangan untuk mengawali jalannya ritual.
Kemudian para peserta Ngerebeg akan membawa berbagai hiasan dari pelepah busung dan pelepah daun jaka. Selain itu, ada juga lelontek, kober dan penjor yang akan diarak berkeliling. Peserta akan berjalan sejauh 10 kilometer mengelilingi Desa Tegallalang.
Kegiatan yang awalnya ditujukan untuk menetralisir pengaruh negatif ini pun berubah menjadi salah satu agenda yang dinantikan para wisatawan. Tiap kali ritual ini digelar, Desa Tegallalang selalu menjadi pusat perhatian para wisatawan.

Diolah dari berbagai sumber (Republika.co.id / adira.co.id)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments