DaerahPasarUmum

Di Buleleng Rp 150 Ribu Per Kilogram, Jelang Galungan Harga Cabai Naik 

BALI.PENAINDONESIA.NET – Harga cabai mengalami kenaikan menjelang hari raya Galungan dan Kuningan. Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop UKM) Kabupaten Buleleng, Bali, mengatakan hal ini akibat pasokan kurang tapi permintaan banyak.

Masyarakat sejak tiga hari lalu sebelumnya sudah ramai mencari bahan-bahan pokok untuk hari raya, sehingga permintaan sembako meningkat.

“Secara spesifik bahwa komoditas cabai beberapa hari lalu mengalami kenaikan. Kenaikan ini karena pasokan cabai di pasar masih kurang dan biasanya menjelang hari raya itu permintaan cabai mengalami kenaikan,” kata Kepala Disdagperinkop UKM Kabupaten Buleleng, Dewa Made Sudiarta di Banyuasri, Senin (6/6/2022).

Menurutnya berdasarkan koordinasi dengan Dinas Pertanian, masa musim tanam pohon cabai tidak pas, karena berbagai kondisi yang menyebabkan pasokan sedikit berkurang itu yang menyebabkan kenaikan harga.

“Namun secara umum, harganya masih terjangkau,” tegasnya.

Bahkan di Pasar Anyar dan Pasar Banyuasri, wilayah Kota Singaraja, menyebutkan harga cabai berkisar antara Rp120 ribu sampai Rp150 ribu.

Sedangkan komoditas lain seperti telur dan minyak goreng, disebutkan bahwa pasokannya sangat cukup, harga minyak goreng sudah dilepas di pasar dan tidak dipatok lagi seperti dulu.

“Untuk minyak goreng curah, harga saat ini mendekati harga eceran tertinggi yaitu Rp15.000, sudah ada penurunan yang siginifikan,” ujarnya.

Sudiarta juga memastikan menjelang hari raya saat ini, pasokan sembako di pasar aman dan berharap kepada masyarakat untuk tidak memborong belanja karena pemerintah menjamin ketersediaan sembako cukup.

Tahun ini, Hari Raya Galungan jatuh pada rahina Buda Kliwon wuku Dungulan, Rabu 8 Juni 2022 dengan rangkaian penampahan galungan (anggara wage Dungulan), sedangkan perayaan Hari Raya Kuningan jatuh pada Rahina Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu 18 Juni 2022.(gus)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button