NasionalPendidikanUmum

Sekretaris Umum MUI Jatim, Prof Akhmad Muzakki, Terpilih Sebagai Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya

JAKARTA.PENAINDONESIA.NET — Sekretaris Umum MUI Jawa Timur, Prof Akhmad Muzakki, terpilih sebagai rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Prof Akh Muzakki menggantikan Rektor sebelumnya yaitu Prof Masdar Hilmy.

Selain menjabat sebagai Sekum MUI Jatim, sejak 2015, setelah melalui proses berliku dan panjang, Prof Akhmad Muzakki juga menjadi Guru Besar bidang Sosiologi Pendidikan di UINSA.

Profesor Akh Muzakki dilantik sebagai Rektor UINSA berdasarkan surat Keputusan Menteri Agama RI nomor 021232/B.II/3/2022 tanggal 6 Juni 2022. Beliau dilantik sebagai Rektor siang tadi di Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta.

Riwayat pendidikan Prof Akh Muzakki di bidang akademik cukup moncer. Sejak lulus dari UIN Sunan Ampel Surabaya, beliau melanjutkan pendidikan di kampus paling bergengsi di Australia yaitu Australia National University, Canberra.

Di ANU, dia menempuh Graduate Diploma in Southeast Asian Studies pada Fakultas Asian Studies The pendidikan master dan graduate diploma di sana. Dia meraih gelar Master of Philosophy juga dari ANU.

Gelar doktor diraihnya setelah merampungkan disertasi di School of History, Philosophu, Religion and Classic, di The University of Queensland.

Selain moncer di bidang akademik, Prof Akh Muzakki juga lama berkhidmat di Nahdlatul Ulama (NU). Sebelum menjadi Guru Besar pada tahun 2015, beliau aktif di PWNU Jawa Timur sebagai Sekretaris menemani KH Hasan Mutawakkil yang saat itu menjadi Ketua Umum PWNU Jatim.

Dalam Musda MUI Jatim, beliau kembali menemani KH Hasan Mutawakkil Alallah yang kali ini terpilih sebagai Ketua Umum MUI Jatim. Seperti pada kepengurusan PWNU Jatim ketika menemani Kiai Hasan, di MUI Jatim kali ini, beliau juga menjabat sebagai sekretaris umum.

Di bawah kepemimpinan Kiai Hasan dan Prof Muzakki, MUI Jawa Timur kini semakin menunjukkan taji sebagai MUI Provinsi paling aktif. Banyak webinar dengan tema-tema menarik yang mampu dihadirkan MUI Jawa Timur. Sosial media MUI Jawa Timur juga termasuk yang paling aktif dan responsif.

Selain itu, duet KH Hasan Mutawakkil dan Prof Muzakki, membuat MUI Jatim mampu memiliki gedung baru yang lokasinya berdekatan dengan Masjid Al Akbar, Surabaya. Gedung tersebut ditargetkan rampung pada 2023.

Selain Sekretaris Umum MUI Jatim, Prof Akh Muzakki juga pernah menjadi Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Jatim dan Wakil Sekretaris Jenderal PBNU. Dia juga pernah menjadi Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur.

Latar belakang keilmuan dan pengabdian yang seimbang dan matang ini membuat beliau terpilih sebagai Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya.

Terpilihnya Prof Akh Muzakki sebagai rektor ini menambah daftar panjang pimpinan MUI yang menjadi pimpinan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN).

Sebelumnya, Ketua MUI Bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga, Prof Amany Lubis, terpilih sebagai Rekor Perempuan Pertama UIN Jakarta yang menjabat 2019-2023.

Selain itu, Rektor UIN Raden Intan Lampung saat ini, Prof Moh Mukri, juga baru saja terpilih menjadi Ketua Umum MUI Provinsi Lampung. (gus)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button