AdatNasionalUmum

Kajati Beserta Seluruh Jajaran Kejaksaan Tinggi Bali Berikan Ucapan Selamat Hari Raya Untuk Umat Hindu

DENPASAR.PENAINDONESIA.NET – Hari Raya Galungan adalah salah satu hari besar keagamaan umat hindu. Hari Raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu setiap 6 bulan kalender Bali atau tiap 210 hari yang jatuh pada hari Budha Kliwon Dungulan atau dikenal juga dengan istilah Rabu Kliwon Wuku Dungulan. Galungan dan Kuningan dirayakan sebanyak dua kali dalam satu tahun kalender Masehi. Perhitungan perayaan kedua hari besar ini berdasarkan pada kalender Bali. Galungan setiap hari Rabu pada wuku Dungulan. Sementara Kuningan setiap hari Sabtu pada wuku Kuningan.

Hari Raya Galungan merupakan hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan) Hari Galungan juga menjadi hari di mana umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta jagad raya beserta seluruh isinya.Galungan diperingati sebagai ucapan syukur. Pada hari ini umat Hindu akan memberi dan melakukan persembahan pada Sang Hyang Widhi dan Dewa Bhatara.

Galungan diambil dari bahasa Jawa Kuno yang berarti bertarung. Kata ini disebut juga dengan “dungulan” yang artinya menang.Inti dari perayaan Galungan adalah menyatukan kekuatan rohani agar memperoleh pikiran dan pendirian yang terang. Bersatunya rohani dan pikiran yang terang adalah wujud dharma dalam diri. Sedangkan segala kekacauan pikiran adalah wujud adharma.

Kepala Kejaksaan Tinggi Bali dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Bali beserta jajaran pegawai Kejati Bali mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan kepada seluruh pegawai Umat Hindu.Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan kesejahteraan dan kedamaian.(gus)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button