BeritaWisata

Sejarah Candi Borobudur Hingga masa kini

Penaindonesia.net (10/6)

Candi Borobudur kini menjadi perbincangan seluruh dunia akan adanya kenaikan tarif masuk mengunjungi tempat bersejarah itu. Candi Borobudur salah satu peninggalan sejarah yang ada di Indonesia . Berikut kutipan sejarah perawatan dan pemugaran candi Borobudur.

Reruntuhan Candi BOROBUDUR ditemukan pertama kali pada tahun 1814, saat Inggris menguasai Jawa, di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles.

Adalah Tan Jin Sing, bupati Yogyakarta yang diangkat oleh Sultan Hamengkubuwono III menanggapi minat Raffles akan candi-candi peninggalan nenek moyang orang Jawa. Tan Jin Sing mengatakan bahwa salah seorang mandornya pernah mengatakan bahwa di Desa Bumisegoro deket Muntilan, dia melihat sebuah candi besar.

Sebelumnya pada 3 Agustus 1812, Tan Jin Sing bertamu ke rumah Residen Inggris di Yogyakarta, John Crawfurd yang sedang bersama atasannya, Letnan Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles.

Raffles mengungkapkan ketertarikannya pada candi-candi peninggalan nenek moyang orang Jawa dan ingin menelitinya. Dia telah melihat Candi Prambanan dan akan memerintahkan anak buahnya untuk meneliti dan memugarnya.

Raffles langsung tertarik dan meminta Tan Jin Sing pergi ke Bumisegoro untuk melihat keberadaan candi tersebut. Kemudian, Tan Jin Sing dan mandornya, berangkat naik kereta kuda ke Bumisegoro. Sesampainya di sana, mereka mengajak warga desa setempat, sebagai penunjuk jalan.

Kondisi Candi Borobudur saat pertama kali ditemukan, digambarkan sangat menyedihkan. Kerusakan terjadi di hampir seluruh bagian candi, sebagian bangunan tertimbun, sebagian lagi sudah disesaki oleh semak belukar. Upaya membersihkan Mahakarya Wangsa Sailendra tersebut berlangsung selama dua bulan dengan bantuan 200 warga desa.

Pemugaran pertama yang dilakukan pemerintah Hindia Belanda oleh Theodore van Erp sekitar tahun 1907-1911. Dan berlanjut pemugarannya tahun 1973-1983.

Untuk merawat candi Borobudur perlu biaya yang tidak sedikit, sehingga pemerintah merencanakan menaikan tarif hingga kini masih di tunda .(Red/sob)

 

📸 Berbagai Sumber

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button