BeritaInternasionalPolitik

Presiden ke Ukraina dan Rusia, Kidung Tirto Doakan Misi Perdamaian Jokowi Sukses

JAKARTA.PENAINDONESIA.NET – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia mendapat atensi khusus dari budayawan Kidung Tirto Suryo Kusumo. Spiritualis asal Gunung Lawu ini memberikan apresiasi tinggi dan mendoakan misi perdamaian Presiden Jokowi sukses.

“Kunjungan ke Ukraina yang sedang dilanda perang membuktikan Jokowi adalah pemimpin yang berani dan peduli terhadap kemanusiaan, sekaligus menegakkan salah satu amanat UUD 1945 yakni melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” kata Kidung Tirto, Rabu (29/6/2022).

Menurut dia, Presiden Jokowi sedang memainkan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 dan pendiri Gerakan Non Blok yang diprakarsai oleh Presiden Soekarno. Kidung Tirto menilai Indonesia sebagai negara netral bisa memainkan perannya ikut serta dalam menciptakan perdamaian dunia.

“Bangsa Indonesia merupakan bagian dari masyarakat dunia. Peran aktif bangsa Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia sudah menjadi sebuah keharusan. Karena itu, misi Presiden Jokowi mendamaikan Ukraina dan Rusia harus kita dukung dan apresiasi,” ujarnya.

Presiden Jokowi memulai perjalanannya ke Ukraina dan Rusia yang sedang berperang.

Dia diagendakan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv. Usai menemui Zelensky, Jokowi akan langsung bertolak ke Rusia untuk menemui Vladimir Putin. Dalam kesempatan ini, Jokowi akan mengajak Zelensky dan Putin untuk kembali berdialog.

ITAKIMO Konten Kreator Inspiratif yang Sudah Go Internasional

Kidung Tirto juga mengapresiasi ajakan Presiden Jokowi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 untuk mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan yang kian menjadi dan mengancam negara berkembang. “Pangan adalah Hak Asasi Manusia yang paling dasar. Krisis pangan merupakan bencana kemanusiaan yang harus dicegah,” ungkapnya.

Dia mendoakan misi perdamaian Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia membuahkan hasil, sebab bukan hanya dapat mencegah korban tidak berdosa melainkan juga mencegah krisis pangan dan ekonomi dunia semakin memburuk.

Selain mendukung langkah Presiden Jokowi di kancah internasional, Kidung Tirto mengapresiasi reshuffle kabinet pada 15 Juni lalu, khususnya pergantian Menteri Perdagangan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Dia menilai kebijakan Presiden Jokowi sudah tepat dan sesuai dengan kondisi aktual yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, antara lain masalah pangan dan pertanahan. Budayawan yang kerap memberikan wejangan ke birokrat dan pengusaha ini beharap Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dapat menunaikan tugas dari Presiden Jokowi dengan baik.

Selain itu, dia mengingatkan agar para wakil menteri yang baru benar-benar dapat berperan secara maksimal mendukung kinerja kabinet Indonesia Maju. “Presiden dan Menteri tentunya akan memonitor kinerja Wamen. Mereka yang tidak kompeten dan berpolitik praktis sebaiknya diganti agar tidak menjadi beban kabinet,” ujarnya.(gus)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button