BeritaNasional

Kajati Ade T Sutiawarman Beserta Seluruh Jajaran Kejaksaan Tinggi Bali Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda

DENPASAR(penaindonesia.net) – Tanggal 28 Oktober bagi Bangsa Indonesia menjadi tanggal yang bersejarah dalam pergerakan bangsa Indonesia. Pada tanggal 28 Oktober 1928, lahirlah Sumpah Pemuda. Lahirnya Sumpah Pemuda bermula dari Kongres Pemuda II yang digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda. Di antaranya Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi.

Adapun isi dari Sumpah Pemuda :
Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

28 Oktober 2022 merupakan peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke 94 Tahun. Tema peringatan Sumpah Pemuda 2022 ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema tersebut memiliki makna bahwa peristiwa Sumpah Pemuda telah mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa.

Sumpah Pemuda membuktikan bahwa perbedaan bangsa Indonesia dapat disatukan seperti slogan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tapi tetap satu”.

Dari dasar tersebut, diharapkan hari peringatan Sumpah Pemuda bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk bersatu dan membawa bangsa ini maju kearah yang lebih baik.(gus)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button