Jawa Barat

Pemkab Bogor Tebar Penghargaan Bidang Arsip Lewat Arsipelago 2022

CIBINONG, Penaindonesia.net- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAP), menebar penghargaan kepada perangkat daerah dan kecamatan yang dianggap pengelola kearsipan terbaik tingkat kabupaten lewat kegiatan Arsipelago tahun 2022, di Ruang Serbaguna I, Sekretariat Daerah, Cibinong, Selasa (26/7). Penghargaan diserahkan langsung oleh Plt. Bupati Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Penganugerahan penghargaan pengelola arsip dan perpustakaan tahun 2022 dibagi menjadi tiga kategori diantaranya, kategori pengelola arsip terbaik pada kecamatan, kategori pengelola arsip terbaik pada perangkat daerah dan BLUD, dan kategori juara lomba perpustakaan SMP dan sederajat tingkat Kabupaten Bogor tahun 2022.

“Soal otentikasi arsip dinas dan kecamatan, hari ini diberikan penghargaan kepada yang terbaik mengelolanya. Saya harap penghargaan ini semakin memotivasi dan menginspirasi seluruh perangkat daerah dan kecamatan lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor,” kata Iwan.

Iwan menerangkan, hal tersebut untuk mengelola arsip secara rapih, tersusun dan terpercaya sebagai bukti akuntabilitas kinerja dan tulang punggung manajemen pemerintahan dan pembangunan.

ITAKIMO Konten Kreator Inspiratif yang Sudah Go Internasional

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi bagi perangkat daerah dan kecamatan yang mendapatkan penghargaan sebagai pengelola kearsipan terbaik tingkat Kabupaten Bogor tahun 2022,” tandas Iwan.

Iwan mengungkapkan, arsip adalah benteng terakhir pengamanan data, persoalan data itu simpel tapi kalau tidak dikelola dengan baik akan  menjadi masalah besar.

“Saya mengapresiasi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, keberadaannya di Kabupaten Bogor cukup membanggakan karena sering mendapatkan penghargaan,” ungkapnya.

Iwan menambahkan, diantaranya perolehan predikat memuaskan kategori “A” dalam pengawasan kearsipan tingkat nasional tahun 2021. Kemudian mendapatkan sertifikat sebagai simpul Jaringan Pilot Project Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) tahun 2022 dari Arsip Nasional Republik Indonesia.

“Perolehan tersebut setelah melalui seleksi ketat dimana hanya 12 kabupaten/kota yang terpilih dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia,” jelas Iwan Setiawan

Sebagai informasi, untuk kategori pengelola arsip terbaik pada kecamatan diantaranya, Kecamatan Citeureup dengan nilai sangat memuaskan. Kecamatan Gunungputri dengan nilai memuaskan. Kecamatan Klapanunggal dengan nilai sangat baik. Kecamatan Ciawi dengan nilai baik. Kecamatan Leuwisadeng dengan nilai baik. Kecamatan Cigudeg dengan nilai baik.

Kategori pengelola arsip terbaik pada perangkat daerah dan BLUD yaki Bappedalitbang dengan nilai sangat memuaskan. Dinas Tenaga Kerja dengan nilai memuaskan. Dinas Perhubungan dengan nilai sangat baik. Dinas PUPR dengan nilai baik. Dinas Kesehatan dengan nilai baik. Dinas Sosial dengan nilai baik.

Kategori Juara Lomba Perpustakaan SMP dan Sederajat Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022 yakni, juara pertama SMP Negeri 1 Rumpin, juara kedua SMP Negeri 2 Cibinong, dan juara ketiga SMP Negeri 1 Cileungsi.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pengukuhan pengurus Asosiasi Arsiparis Indonesia Cabang Kabupaten Bogor oleh Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Provinsi Jabar.

Kemudian penyerahan piagam penetapan Tempat Uji Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TUK TIK) Prodi Administrasi Perkantoran dari Ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Kemendikbud RI kepada Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor selaku Pimpinan Lembaga TUK TIK DAP Kabupaten Bogor.

//release diskominfo kab bogor

(Wins).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button