Nasional

Irjen Syahar Diantono, Kapolri Resmi Angkat Kadiv Propam Baru, Simak Sosok Irjen Syahar di Bawah Ini

Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Polri Irjen Syahardiantono masuk ke dalam jajaran perwira tinggi (pati) yang dimutasi pada Kamis (4/8/2022) malam.

Pria yang akrab dipanggil Syahar ini dipromosi sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Polri kini resmi menunjuk sosok Irjen Syahardiantono sebagai Kadiv Propam baru pengganti Irjen Ferdy Sambo yang dinonaktifkan usai kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Sosok perwira tinggi Polri tersebut ditunjuk langsung oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo melalui Surat Telegram Rahasia (STR) nomor 1628/VIII/Kep/2022, tertanggal 4 Agustus 2022 terkait mutasi jabatan.

Sebagai pengganti Irjen Ferdy Sambo, Irjen Syahardiantono memiliki segudang prestasi dan kontribusi terhadap kinerja kepolisian sepanjang kariernya.

ITAKIMO Konten Kreator Inspiratif yang Sudah Go Internasional

Berikut sepak terjang Irjen Syahardiantono yang telah resmi menggantikan jabatan Inspektur Jenderal Ferdy Sambo sebagai posisi kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Perwira Tinggi Polri kelahiran Blora, Jawa Tengah tersebut menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) dan lulus pada 1991. Usai lulus pendidikan, Syahardiantono berfokus pada bidang reserse di kepolisian.

Kini, Syahardiantono berpangkat Inspektur Jenderal Polisi dan telah menjabat di berbagai instansi kepolisian.

Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Pasuruan pada 2010 silam hingga pindah ke Polda Jatim menjabat sebagai Wadirreskrimsus setahun setelahnya.

Prestasi Irjen Syahardiantono terlihat ketika menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Bareskrim Polri. Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan menilai bahwa ia merupakan sosok yang tegas ketika mengemban jabatan tersebut.

“Penunjukan Kapolri kepada Irjen Pol Syahardiantono sebagai Kadiv Propam sangat tepat. Dia selama ini dikenal sangat tegas dan tidak mengenal kompromi,” ungkap Edi.

Disebut sebagai pemberantas mafia tambang

Kala menjabat sebagai Direktur Tipiter, Irjen Syahardiantono menangani kasus mafia pertambangan di berbagai daerah seantero negeri. Ia disebut telah tegas menindak mafia tambang hingga sampai ke pihak-pihak yang bergerak di belakang layar.

“Dia tidak ragu memproses oknum-oknum yang menjadi beking,” kata peneliti dari Univesitas Bhayangkara Jakarta itu.

Ditunjuk sebagai Kadiv Propam baru

Bagi Edi Hasibuan, tugas berat menanti Syahardiantono usai ditunjuk langsung oleh Kapolri menjadi Kadiv Propam. Sebab, kini ia harus membenahi personel Polri, terutama terkait dengan penanganan kasus kematian Brigadir J.

Ia berharap agar melalui jabatan barunya, Irjen Syahardiantono dapat menindak tegas oknum di tubuh kepolisian yang tidak profesional dalam penanganan kasus tewasnya ajudan Ferdy Sambo tersebut.

“Kalau ditemukan ada unsur pidana yakni menghalang-halangi proses hukum dan menghilangkan barang bukti, kami minta Kapolri agar diproses secara hukum demi memulihkan kepercayaan masyarakat,” kata Edi.

Dengan demikian, kepercayaan masyarakat kepada instansi kepolisian dapat selalu terjaga.

“Tindakan tersebut telah melukai hati masyarakat dan harus ada tindakan tegas untuk itu,” sambungnya.(red /kur)

.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button