AgamaRagam

Manfaat Doa Sebelum Makan dan Doa Sesudah Makan

Oleh: Gus Mus MA.g

PENAINDONESIA.NET – Ketika akan melaksanakan aktivitas sehari-hari setiap orang dianjurkan untuk membaca doa, salah satunya adalah doa ketika akan makan dan doa sesudah makan. Dengan dipanjatkannya doa, diharapkan aktivitas yang akan dijalankan berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan.

Dalam agama Islam sendiri, aktivitas makan tidak luput dari doa. Dengan membaca doa sebelum dan sesudah makan, diharapkan bisa menambah keberkahan atas apa yang dimakan dan terhindar dari bahaya yang akan terjadi. Selain itu, doa tersebut juga merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada kita semua.

Lantas, apa doa sebelum dan sesudah makan?

Hadis doa makan

Islam telah mengajarkan tata cara makan yang baik dan benar seperti memakai tangan kanan serta duduk saat makan. Diriwayatkan dalam hadis ‘Aisyah R.A, bahwa Rasulullah bersabda yang artinya, “Apabila salah seorang di antara kalian akan makan, maka hendaknya ia menyebut ‘bismillah’. Jika lupa untuk menyebut basmallah di awal, maka ucapkan ‘Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu.’” (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi)

Manfaat membaca doa makan

Membaca doa akan mendatangkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Begitu juga dengan membaca doa sebelum makan dan sesudah makan. Doa ini akan menjadi bentuk rasa syukur kita tehadap nikmat dan rezeki dari Allah SWT. Bukan hanya itu, membaca doa juga akan menghindarkan kita dari gangguan setan yang jahat.(***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button