Berita

Gebrakan Irjen Suntana Menyelesaikan Masalah Dengan Restorative Justice ( RJ ) Direspon Cepat Jajaran Polres Cirebon Kota

JAWA BARAT, penaindonesia.net — Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara & Pengawas Anggaran RI (BPI KPNPA RI) Tubagus Rahmad Sukendar yang akrab disapa Kang Tebe Sukendar kembali memberikan Apresiasi terhadap Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Irjen Suntana selaku Kapolda Jawa Barat dalam beberapa kesempatan telah memberikan arahan kepada Jajaran diwilayah Jawa Barat untuk bisa menyelesaikan masalah hukum melalui pendekatan Restorative Juctice ( RJ ) yang tidak merugikan satu dengan yang lain nya dan dapat memberikan keadilan dimata hukum terhadap masyarakat.

Kapolres Cirebon Kota dalam rangka menindak lanjuti arahan dari Kapolda Jawa Barat langsung merespon cepat penyelesaian masalah tindak pidana umum yang dilaporkan Muhamad Egy warga Harjamukti kota Cirebon dengan proses Penyelesaian Restorative Justice ( RJ ) diruang kerja Wakapolres Cirebon Kota

Sebagai pelapor, Muhamad Eggi dalam kesempatan tersebut melakukan penandatanganan kesepakatan perdamaian dan sekaligus pencabutan laporan polisi terhadap terlapor M.Taufik dan Andri, sehingga permasalahan hukum yang terjadi dan ditangani Polres Cirebon Kota dapat selesai dengan proses RJ dan tidak ada yang dirugikan dari kedua belah pihak.

Kapolres Cirebon Kota yang diwakili Wakapolres Kompol M Troy menyampaikan perkembangan kasus yang ditangani Polres Cirebon Kota kepada Tubagus Rahmad Sukendar selaku Ketua Umum BPI KPNPA RI terhadap Laporan M Egi yang dapat terselesaikan melalui Restorative Justice setelah terjadi kesepakatan dan perdamaian dari kedua belah pihak disaksikan kuasa hukum nya melalui mediasi secara musyawarah dan kekeluargaan.

ITAKIMO Konten Kreator Inspiratif yang Sudah Go Internasional

Apa yang sudah dilakukan Kapolres Cirebon Kota melalui jajaran nya dengan mengedepankan RJ dalam perkara pidana umum memperlihatkan bahwa apa yang menjadi Atensi Kepala Kepolisian Jendral Listyo Sigit Prabowo sudah dapat dilakukan dan dilaksanakan dengan baik di jajaran Kepolisian khususnya di Jawa Barat.

Proses RJ yang dilakukan Kepolisian akan menambah kepercayaan publik terhadap Polri semakin meningkat.

Tubagus Rahmad Sukendar yang akrab disapa Kang Tebe Sukendar dalam kesempatan wawancara dengan awak Media di Patra Jasa Hotel Kota Cirebon sangat memberikan Apresiasi terhadap kerja cepat Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs Suntana yang begitu perhatian dan serius menyikapi terhadap kasus yang mencuat di medsos dengan memberikan atensi secara khusus kepada Jajaran nya untuk dapat persoalan hukum yang terjadi di berbagai Polres Dijawa Barat bisa diselesaikan melalui Restorative Justice sehingga tidak ada lagi proses hukum naik sampai ke Pengadilan jika semua permasalahan dapat diselesaikan kedua belah pihak melalui perdamaian secara musyawarah mupakat sehingga tidak ada yang dirugikan satu sama lainnya.

Kinerja Kapolda Jawa Barat dan Jajaran di wilayah menunjukkan bahwa tidak semua Laporan Tindak Pidana harus berujung sampai ke persidangan namun bisa diselesaikan secara bijak dan kekeluargaan melalui perdamaian jika masing masing dapat menyadari dan menginginkan penyelesaian hukum nya dengan RJ maka akan mengurangi beban kerja polisi dalam Penegakkan Hukum bersama sama elemen masyarakat dalam menjaga situasi Kantibmas yang kondusif.

Pencapaian kinerja Kepolisian dengan program RJ akan menambah Kepuasaan Publik terhadap Kinerja Polri terhadap Masyarakat dimana beberapa waktu lalu Citra Polri menurun setelah terjadinya Tragedi Sambo.

Masyarakat sangat merespon apa yang sudah dilakukan Jajaran Kepolisian dalam perbaikan dan perubahan menuju Polri yang baik dan bijak dalam Melayani, Mengayomi dan Melindungi Masyarakat.

Keberadaan polisi di masyarakat ternyata sangat dibutuhkan dan ini yang harus menjadi Kebanggaan bagi semua personel Kepolisian bahwa Masyarakat masih mencintai Intitusi Polri.

Masyarakat saat ini sangat mengharapkan hadir nya Sosok Polisi Yang Sederhana dan Humanis dalam Melayani dan Mengayomi serta Melindungi Masyarakat. Saat ini masyarakat merasakan puas atas pelayanan cepat dan ramah dari kepolisian.

BPI KPNPA RI pun sudah membuktikan, dengan melakukan kunjungan ke Mapolres Cirebon Kota serta Mapolda Jawa Barat untuk melihat sejauh mana Kepolisian dalam melakukan kinerja nya untuk Pelayanan ramah, cepat dan Simpatik dari jajaran Kepolisian terhadap masyarakat.

Hasilnya, dari BPI KPNPA RI melihat sudah banyak perubahan yang dilakukan Jajaran Kepolisian dalam Pelayanan Prima terhadap masyarakat.

Tubagus Rahmad Sukendar yang akrab disapa Kang Tebe Sukendar dalam waktu dekat juga akan melakukan Kunjungan ke Polrestabes Bandung dalam rangka menindak lanjuti laporan Dini Maria warga masyarakat kota bandung atas proses hukum yang dilaporkan di Polrestabes Bandung dan proses hukum nya belum berjalan maksimal , untuk itu Kang Tebe Sukendar meminta perhatian dari Kapolda Jawa Barat dapat memberikan Atensi terhadap Laporan Dini Maria Di Polrestabes Bandung agar bisa berjalan dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku.

Kang Tebe Sukendar juga akan menemui Kapolrestabes Bandung untuk menyampaikan adanya aduan masyarakat yang harus segera disikapi pihak Kepolisian agar tidak menjadi Viral di masyarakat.

Kang Tebe Sukendar menyampaikan bahwa sebelumnya BPI KPNPA RI dalam bulan Agustus 2022 melakukan road show penelitian di Provinsi Sulawesi Selatan sampai dengan di Provinsi Sulawesi Barat dengan melakukan wawancara melalui para relawan yang diturunkan dibeberapa Kabupaten dan Kota di Propinsi Sulawesi Selatan dan Propinsi Sulawesi Barat terkait kepuasan Publik atas Kinerja dan Pelayanan Kepolisian terhadap masyarakat.

Alhamdulilah dari responden ternyata masyarakat masih memberikan respon positif terhadap kinerja dan perhatian Kepolisian dalam Melayani , Melindungi dan Mengayomi Masyarakat.

Hasil dari respondence yang didapat dari masyarakat segera ditindak lanjuti oleh Kang Tebe Sukendar dengan melakukan kunjungan menemui Kapolda Sulawesi Selatan dan Kapolda Sulawesi Barat dimasing masing Polda ,dan alhamdulilah kehadiran Ketua Umum BPI KPNPA RI diterima dengan baik Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Nana Sudjana diruang kerja Kapolda Sulawesi Selatan dan juga dalam kegiatan di Polda Sulawesi Barat kunjungan Ketua Umum BPI KPNPA RI diterima dengan baik Kapolda Sulawesi Barat Irjen Pol Drs Iskandar Bitiicaca diruang kerja Kapolda Sulawesi Barat.

Dari hasil kegiatan kunjungan di Propinsi Sulsel dan Sulbar, Kang Tebe Sukendar melihat bahwa keinginan Kapolri dalam bagaimana Polri ini berubah untuk yang terbaik di masyarakat nampak sudah mulai terlihat dan juga sudah ditindak lanjuti seluruh Jajaran Kepolisian untuk bagaimana Polisi hadir dimasyarakat sebagai Polisi Sederhana,ramah, Humanis dalam Melayani, Mengayomi dan Melindungi Masyarakat

Dari kegiatan Kang Tebe Sukendar selaku Ketua Umum BPI KPNPA RI dibeberapa daerah mulai dari Sulawesi sampai ke Jawa Barat sudah melihat dan menyaksikan bahwa Kepolisian terus bebenah diri dalam rangka Meningkatkan Pelayanan secara Maksimal untuk bisa membuat Masyarakat semakin dekat dan cinta terhadap Polri.

Kang Tebe Sukendar juga berharap kepada Presiden Joko Widodo untuk bisa memberikan perhatian khusus dengan memberikan Anggaran Tambahan kepada Polri dalam meningkatkan kesejahteraan Anggota Polri dilapangan.

Dengan naik nya tunjangan kesejahteraan Anggota Polri akan menambah Peningkatan kinerja Jajaran Polri dalam Pelayanan dan Melayani terhadap Masyarakat.

Kang Tebe Sukendar juga dalam waktu dekat akan memberikan Penghargaan terhadap Kapolda Jawa Barat dan Kapolres Cirebon Kota terkait kepuasan publik terhadap kinerja dan Pelayanan Kepolisian terhadap Masyarakat.(Megga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button