Umum

Bupati Jepara minta siswa di Jepara Ajari lagu nasional

JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta kepada guru sekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk mengajarkan lagu-lagu nasional dan lagu daerah kepada siswanya. Ini sangat penting untuk menumbuhkan kecintaan mereka kepada bangsa Indonesia. 

Hal ini disampaikan bupati saat pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN), Selasa (17/5/2022), di SMP Negeri 1 Donorojo. Sebelumnya, permintaan agar para guru mengajarkan lagu nasional dan daerah juga disampaikan oleh politisi PDI Perjuangan ini saat mengunjungi SMPN 1 Karimunjawa akhir pekan lalu. Setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, Bupati Andi meminta agar diajarkan atau diperdengarkan lagu-lagu nasional dan daerah. Ini dilakukan lantaran Mas Andi prihatin dengan minimnya pengetahuan siswa terhadap lagu nasional. 

“Mengenal dan menyanyikan lagu-lagu kekinian boleh-boleh saja, tetapi lagu nasional dan daerah harus juga dikuasai,” kata Bupati Andi.

“Saat ini, sangat sedikit sekali anak-anak yang mengerti tentang lagu nasional dan lagu daerah. Ini perlu kita tumbuhkan kembali mulai dari sekolah,” imbuh Andi. 

Menurut Andi, dengan mengajarkan anak – anak lagu nasional, maupun lagu – lagu daerah akan dapat menumbuhkan semangat patriotisme pada diri mereka. Selain itu juga mengajarkan nilai seni yang ada di dalam lagu tersebut. 

“Dengan tumbuh semangat patriotisme akan tumbuh kecintaannya terhadap bangsa dan negaranya,” imbuh Andi.

ITAKIMO Konten Kreator Inspiratif yang Sudah Go Internasional

Pengajaran lagu nasional dan lagu daerah ini, bisa dilakukan setiap kali sebelum pelajaran dimulai. Anak – anak diajak untuk menyanyikan lagu nasional atau lagu daerah terlebih dulu. Dengan begitu mereka akan lebih bersemangat untuk belajar. 

“Kalau gurunya tidak bisa menyanyi lagu nasional, terus bagaimana siswanya. Guru juga harus bisa menyanyikan lagu nasional,” katanya. 

Andi juga mengapresiasi penampilan dua siswa SMP N 1 Donorjo, Diva Alika dan Magdalena yang menyanyikan lagu Indonesia Jaya, dengan iringan lantunan musik biola di awal acara. 

Kepala SMP N 1 Donorojo Pahlur Ronzi mengucapkan terima kasih kepada bupati yang sudah memberikan berbagai macam bantuan kepada para siswa. Antara lain bantuan siswa berprestasi, beasiswa bagi penghafal Al Quran, bantuan beasiswa siswa kurang mampu hingga bantuan alat belajar siswa. Juga bantuan sarana dan prasarana lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button