NasionalOlahraga

MAMTAP…!Harmoni Indonesia dan IDI Gerakan Inisiatif The Rising Tide 1,293 Km Gianyar – Jakarta

Harmoni Indonesia, Sidarto Danu Subroto, Selasa (19/7)

Penaindonesia.net Bali – Harmoni Indonesia yang didirikan dan diayomi oleh Irjen Pol (Purn.) Sidarto Danusubroto yang juga adalah Anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang juga Ketua MPR RI masa bakti 2013-2014 ikut serta dalam gerakan Peduli Lingkungan Solo Triathlon “ The Rising Tide”. Tim Harmoni Indonesia juga didampingi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memastikan kegiatan triathlon sejauh 1,293 km dari Gianyar (Bali) sampai ke Monas (Jakarta) ini bisa berlangsung dengan aman, lancar, sukses dan membawa dampak partisipatif dari publik.

Solo Triathlon dilakukan melalui kegiatan bersepeda sepanjang 135 kilometer dari Puri Ageng Blahbatuh hingga Pelabuhan Gilimanuk. Dilanjutkan berenang sejauh 5 kilometer dari Pura Segara Rupek hingga Pantai Watudodol. Diakhiri dengan berlari sejauh 1.153 km dari Pangkalan Angkatan Laut Banyuwangi hingga Monumen Nasional Jakarta.

“Aksi Peduli Lingkungan yang dilakukan oleh Saudara Muryansyah bersama organisasi Mulung Prahita adalah program kesadaran dimana peduli lingkungan menjadi sebuah manifestasi kehidupan masyarakat dunia agar memperhatikan lingkungan dengan semangat harmonisasi alam dan kehidupan manusia untuk masa depan yang lebih baik khususnya di Negara Indonesia,” ujar Irjen Pol (Purn.) Sidarto Danusubroto atau biasa disapa Opa Darti setelah pembukaan acara Solo Triathlon di Puri Ageng Blahbatuh, Gianyar, Bali, Senin (18/7/22).

Baca juga : Gubernur Bali Wayan Koster Buka Bali Kite Festival ke-44 Tahun 2022 di Pantai Padanggalak Denpasar

The Rising Tide akan dilakukan dengan Solo Triathlon sepanjang 1293 km dalam 30 hari dari Bali menuju Jakarta dari tanggal 18 Juli 2022 sampai 17 Agustus 2022 untuk memulai langkah nyata. Opa Daro menyebut, Perjalanan ini merupakan wujud perjuangan dalam memerangi polusi sampah di Indonesia yang sudah pasti tidak akan mudah dan penuh tantangan, dengan segala rintangan yang membentang langkah kita tidak boleh berhenti demi tujuan mulia bersama yaitu lingkungan Indonesia yang lebih baik.

“Kegiatan strategis ini juga dalam rangka mengisi rangkaian kegiatan Presidency G20 dan menunjukan komitmen Indonesia untuk mengelolah sampah, khususnya sampah plastik melalui pendekatan Ekonomi Sirkular yang berbasiskan platform digital. Harmoni Indonesia bersama IDI sepakat masalah kepedulian Lingkungan ini merupakan tanggung jawab kita bersama dan kedepannya Harmoni Indoensia akan selalu bersinergi mensuport kegiatan seperti ini bersama IDI.”ucap Opa Darto.

Sekedar informasi, Perjalanan The Rising Tide diawali dengan seremoni pembukaan di Puri Ageng Blahbatuh, Gianyar yang dihadiri oleh beberapa tokoh penting nasional seperti, Ketua MPR RI Bapak H. Bambang Soesatyo, Dewan Pertimbangan Presiden diwakili oleh Bapak Inspektur Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Sidarto Danusubroto, ( Harmoni Indonesia ), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno.

Sementara yang menghadiri secara daring, Kepala Dinas Potensi Maritim Bapak Laksma TNI DR. Suradi Agung Slamet, dan tokoh masyarakat adat Bali, Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh Bapak Anak Agung Ngurah Kakarsana, dan Penglingsir Puri-Puri se-Bali dalam Paiketan Puri se-Bali, Forkopimda Bali, serta tim kesehatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang tidak kalah pentingnya dalam kegiatan ini diwakili oleh dr Rudi Susanta, SpOG(K) – Koordinator wilayah Bali, Lombok, dan Nusa Tenggara PB IDI dan dr Dewa Gede Mahardhika, Wakil Ketua IDI Cabang Gianyar dr. A. A. Gede Raka Arista Mas Putra.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button