Nasional

Dukung Sudaji Raih ADWI 2022, Sandiaga Uno : Sangat Tenang, Nyaman Serasa Menyatu dengan Alam Berada di Sudaji

Buleleng.Penaindonesia.net. Kebangkitan Ekonomi Demi Indonesia Bangkit menjadi tema utama ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan peserta ADWI 2022 meningkat hingga 3.000 peserta.

Pasalnya, tahun lalu Kemenparekraf hanya menargetkan 700 desa wisata. Namun, yang mendaftar ternyata membeludak dan mencapa 1.831 desa dimana terpilih 50 desa wisata terbaik di seluruh Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, ADWI adalah salah satu program unggulan Kemenparekraf akan segera kembali digelar untuk kedua kalinya setelah mendapat atensi besar dari berbagai desa wisata di Indonesia pada tahun sebelumnya.

Dia menegaskan, program ini dapat kembali menggali potensi-potensi desa wisata di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tak-tanggung-tanggung, tahun ini Kemenparekraf menargetkan 3.000 desa wisata dalam ADWI 2022 atau naik tiga kali lipat Desa Wisata Ikut Ajang ADWI 2022.

Menurut Sandiaga, desa wisata yang masuk ke dalam 50 besar ADWI 2022 terbukti memiliki variasi daya tarik wisata, antara lain wisata religi, ekowisata, bahari, budaya, dan agrowisata.

“Kegiatan visitasi nanti bisa menjadi ajang promosi bagi desa wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan meningkatkan omzet penjualan produk ekonomi kreatif, di mana peran pemerintah daerah juga sangat penting dalam memberikan stimulus sehingga menghadirkan para local champion dan meningkatkan kapasitas SDM (sumber daya manusia),” katanya.

Putu Agus Suradnyana didampingi Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna menyambut kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, di Desa Sudaji dalam rangka nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Wantilan Desa Sudaji, Jumat (19/8/2022).

Acara diawali dengan pemaparan dari Perbekel dan Ketua Pokdarwis Desa Wisata Sudaji terkait daya tarik wisata budaya yang ada di Desa Sudaji yaitu Ngusaba Bukakak yang merupakan simbol wujud syukur yang dicetuskan para petani kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa memberikan kesuburan dan hasil panen yang melimpah bagi masyarakat Desa Sudaji. Upacara Ngusaba Bukakak dilakukan secara turun temurun setiap Purnama Sasih Karo.

Selain itu, wisata alamnya yang disebut Gandameru adalah tempat wisata terbaik di Desa Sudaji dikarenakan memiliki tempat yang sangat indah, nyaman dan jauh dari polusi kendaraan. Juga pemandangan bukit yang sangat indah dan beningnya air yang mengalir di sekitar areal persawahan.

Di Desa Sudaji juga disediakan Homestay bagi para wisatawan yang ingin beristiharat atau menginap di Desa Sudaji.

Setelah mendengarkan pemaparan terkait daya tarik wisata Desa Sudaji, Menteri Sandiaga Uno berkesempatan mengunjungi beberapa kerajinan tangan, produk unggulan dan buah khas Sudaji serta menyaksikan pagelaran seni Desa Sudaji.

Di akhir kegiatan, dilakukan penanaman pohon nagasari dan penandatanganan prasasti oleh Menteri Sandiaga Uno.

Di pengujung acara, Menteri Sandiaga Uno menyampaikan ini merupakan langkah konkret dari kementerian untuk mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Buleleng agar menjadi daya tarik dan nantinya saat acara G20 terselenggara akan menjadi tujuan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menteri Sandiaga Uno sangat mengapresiasi produk unggulan Desa Sudaji, baik itu wisata alam, kerajinan tangan bahkan buah unggulan dari Desa Sudaji yaitu durian.

“Saya sangat tenang,nyaman berada di Sudaji, serasa menyatu dengan alam,” tutupnya.(red /kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button